fbpx

Jenis dan Fungsi Landing Page yang Harus Kamu Tahu

Saat ini anda akan semakin dimudahkan dengan pembuatan website. Apalagi beberapa platform juga bisa diinstall dengan mudah di banyak server atau hosting. Masing-masing dari platform itu memiliki karakter dan fitur yang berbeda. Hal ini yang akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk memilih platform website sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, anda bisa menentukan tampilan website yang diinginkan. Salah satunya adalah melalui tampilan landing page untuk website anda. Biasanya landing page ini ditujukan bagi penawaran produk atau jasa. Namun, anda juga bisa mengenal lebih dalam tentang pengertian dan fungsi landing page.

Pengertian Landing Page

Landing Page merupakan salah satu bagian halaman website yang memiliki desain khusus dengan karakter yang berbeda dibandingkan dengan bagian situs lainnya. Biasanya landing page ini sering digunakan untuk fungsi marketing atau menawarkan berbagai produk. Landing page biasanya memiliki banyak informasi secara umum di satu halaman penuh. Jadi, anda tidak perlu repot lagi untuk mencari informasi lain di halaman yang berbeda. Saat ini ada banyak pilihan jenis dari landing page yang bisa anda gunakan.

Perbedaan dasar Landing Page dengan Homepage situs biasa

Sebenarnya ada perbedaan mendasar yang dimiliki dari landing page dengan homepage atau halaman utama dari sebuah situs. Tampilan dan rincian informasi menjadi hal yang bisa anda lihat secara mudah.

Homepage dari sebuah situs biasanya memiliki banyak fitur yang diarahkan ke halaman lainnya. Hal ini yang membuat banyak situs memiliki homepage dengan desain yang unik dan menarik. Selain itu, anda juga akan menemukan berbagai bagian dari menu yang ditampilkan di halaman utama itu. Sementara, landing page adalah halaman khusus yang memang ditempatkan di bagian depan. Jadi, landing page bisa berupa halaman yang langsung memberikan informasi tentang jasa atau produk anda. Tentu saja ini akan mempengaruhi seluruh tampilan dan desain dari landing page. Biasanya tampilan dari landing page tidak akan terintegrasi dengan menu lainnya. Namun, anda akan diarahkan pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Jenis dan fungsi landing page

Perbedaan lain yang bisa anda lihat adalah anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan informasi dengan mengunjungi homepage dari sebuah situs. Hal ini dikarenakan ada beberapa informasi penting yang memang berada di halaman lain. Namun, pada landing page anda hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mencari informasi yang diinginkan. Apalagi seluruh informasi juga berada di satu halaman penuh.

Biasanya landing page dan homepage akan menawarkan keuntungan berbeda dalam metode SEO. Beberapa situs yang menerapkan homepage akan merasa kesulitan untuk menampilkan halaman utama. Namun, dapat dengan mudah menampilkan bagian halaman lain yang merupakan bagian menu. Hal ini yang tidak anda temukan di landing page. Tampilan dari landing page yang sangat minimalis memudahkan metode pencarian SEO bisa dijangkau dengan cepat. Apalagi beberapa kata kunci yang berkaitan dengan informasi itu juga ditampilkan di halaman utama.

Fungsi Landing Page

Tentu saja landing page memiliki fungsi khusus dan berbeda dibandingkan homepage biasa dari situs. Masing-masing fungsi yang diberikan dari landing page ini yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, pebisnis atau publisher. Bila anda ingin menjadikan landing page sebagai prioritas utama dalam sebuah bisnis perhatikan fungsi berikut:

Mengumpulkan data user

Salah satu fungsi dari landing page yang patut diperhitungkan adalah menjadi dasar untuk mengumpulkan seluruh data yang dimiliki pengunjung. Biasanya data ini digunakan dan dianalisis untuk mempermudah proses pembuatan jasa atau produk. Data ini berasal dari email, cookies hingga history kata kunci yang masuk ke landing page. Karakter dari setiap pengunjung juga akan direkam melalui landing page sehingga memudahkan anda untuk membuat penawaran di masa mendatang. Seluruh data ini juga akan mempengaruhi hasil produk yang ditawarkan.

Mempercepat transaksi

Beberapa jenis dari landing page juga menganggap bahwa fungsi penting lainnya adalah mempercepat transaksi. Tentu landing page ini digunakan untuk menjangkau hasil pencarian produk hingga menuju ke pembayaran. Anda hanya melakukan pemilihan produk dan selanjutnya diarahkan secara langsung pada halaman pembayaran. Metode ini memang dianggap sangat memudahkan pengunjung atau pengguna jasa anda. Pastikan juga bahwa tampilan desain dari landing page memang minimalis sehingga memudahkan pengunjung untuk menentukan produk yang diinginkan dengan cepat.

Beberapa Jenis Landing Page

Saat ini ada beberapa jenis landing page yang bisa anda pertimbangkan fungsi dan peranannya. Biasanya masing-masing dari landing page ini memiliki karakter yang berbeda. Pastikan juga penggunaan landing page itu juga sudah sesuai dengan rancangan bisnis. Hal ini akan membuat anda akan semakin mudah untuk memaksimalkan fungsi dari landing page. Berikut ini beberapa jenis landing page yang direkomendasikan bagi banyak web designer seperti:

Lead generation landing pages

Ini merupakan salah satu jenis landing page yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai data penting dari pengunjung. Biasanya terdapat kolom yang harus diisi bila anda ingin menggunakan layanan itu. Beberapa data itu seperti nama, kontak hingga email. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan karakter dari setiap pelanggan yang ingin menggunakan layanan. Selain itu, data ini juga dianggap akan membantu anda untuk melakukan peningkatan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin banyak data yang anda dapatkan maka semakin mudah juga melakukan perubahan kualitas produk sesuai karakter dari pengunjung.

Click through landing pages

Landing page jenis ini banyak anda temukan di berbagai situs komersil. Biasanya jenis ini sering digunakan untuk metode bisnis B2C atau business to consumer. Anda akan menemukan beberapa tombol sederhana yang akan memudahkan proses pembelian dari produk atau jasa di halaman itu. Bahkan, tombol itu juga akan diarahkan pada halaman khusus yang akan mengakhiri dari proses pembelian. Tombol navigasi yang digunakan itu biasanya akan memudahkan para pengunjung agar tidak beralih ke halaman lainnya.

Cara Membuat Landing Page Yang Menarik

Contoh Landing Page

Contoh landing page dibawah ini mungkin bisa memberi gambaran bagaimana cara membuat struktur dan tampilan landing page yang menarik.

contoh landing page

contoh landing page keren
Sumber gambar : landingfolio.com

Cara Membuat Landing Page Dengan Mudah

Cara membuat landing page yang mudah adalah dengan menggunakan template landing page atau dengan menggunakan software khusus untuk membuat landing page.

Template Landing Page

Dengan menggunakan template landing page Anda bisa membuat landing page dengan mudah. Anda bisa memilih template desain landing page yang paling menarik dan mengeditnya hanya dengan mengganti teks, gambar atau video sesuai dengan kebutuhan.

Bisa juga menambahkan bagian-bagian yang diperlukan atau menguranginya, dengan drag drop.

Dengan menggunakan template pembuatan landing page menjadi mudah dengan hasil layaknya landing page profesional, karena umumnya template dibuat oleh para praktisi.

Untuk membuat landing page profesional dengan mudah, Anda bisa menggunakan landingkit yaitu kumpulan template landing page premium yang mudah diedit.

Selain itu juga bisa menyimpan landing page buatan Anda sendiri sebagai template yang bisa digunakan untuk landing page yang lain.

Software Landing Page Berbasis Web

Dengan menggunakan software khusus, membuat landing page menjadi sangat mudah. Karena biasanya software seperti ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk membuat landing page yang baik. Baik itu berupa template, komponen, blok, gambar-gambar pendukung untuk latar belakang ataupun icon dll.

Software landing page juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan untuk membuat landing page tanpa domain hosting sendiri.

Salah satu software landing page berbasis web yang banyak digunakan yaitu SNAPIXA.

Tips Membuat Landing Page Yang Ideal

Sebenarnya anda memiliki peluang untuk mendapatkan landing page yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan. Apalagi landing page ini juga dianggap akan membantu bisnis yang sedang anda jalankan. Berikut ini beberapa tips yang akan membantu anda untuk memaksimalkan fungsi dari landing page itu sendiri seperti:

Landing Page Anda Harus Terstruktur Rapi

Landing page sebaiknya dibuat terstruktur rapi dan tidak terlalu banyak mengandung informasi yang kurang berguna. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu fokus pembaca terhadap penawaran yang disampaikan pada landing page.

Landing page yang terstruktur dengan baik setidaknya mempunya beberapa bagian yang terdiri headline, sub headline, gambar atau video atau infografis, deskripsi, manfaat, CTA (Call to Action), navigasi, testimoni, trust elements. dan Batas Layar Monitor.

Landing page yang simpel dan unik

Mulailah dengan membuat landing page yang memiliki desain simple dan unik. Semakin sederhana tampilan dari landing page itu maka akan semakin mudah juga para pengunjung untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Buat Headline Yang Jelas

Berikan rincian atau deskripsi dari setiap produk atau jasa yang anda tawarkan dengan jelas. Pertimbangkan juga tambahan SEO melalui keyword dari setiap penjelasan.

Menambahkan Call to Action (CTA)

Call to Action merupakan elemen yang sangat penting agar tujuan dari landing page tersebut tercapai.

CTA merupakan perintah untuk pengunjung agar mereka melakukan suatu tindakan sesuai dengan yang Anda harapkan. Misalnya, Pelajari Selengkapnya, Daftar Sekarang!, Download Now, Beli Sekarang, dan perintah sejenis lainnya.

Lampirkan Halaman Term of Service dan Privacy Policy

Bila landing page ini ditujukan bagi pengunjung luar negeri tambahkan fitur term of service dan privacy policy.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *