fbpx

Cara Menghubungkan Android ke TV Biasa

Sampai saat ini tidak semua orang menggunakan smart TV. Beberapa masih ada yang menggunakan TV biasa atau TV tabung. Namun untuk android, hampir 90% pengguna ponsel aktif sudah menggunakannya. Oleh sebab itu muncul pertanyaan tentang bagaimana cara menghubungkan android ke TV biasa?

Nah, sebenarnya ada beberapa cara menghubungkan android ke TV biasa yang bisa dilakukan. Melalui cara tersebut bisa dipastikan bahwa pengguna TV tabung atau TV biasa dapat menikmati tayangan yang bisa diakses melalui smartphone android. Informasi tutorialnya dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Cara Menghubungkan Android ke TV Biasa

Menghubungkan android ke TV biasa ini bisa dilakukan untuk mengaitkan signal TV dengan android sehingga apa yang ditayangkan di android bisa dilihat di TV biasa. Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis merk TV mulai dari Polytron, Samsung, LG, Sony, Panasonic dan lainnya.

Ada beberapa persiapan dan langkah – langkah dalam menghubungkannya, berikut tata caranya :

Cara Menghapus Virus Iklan di Android dengan Mudah dan Cepat
Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing di Android Cepat dan Mudah

Lakukan persiapan

Beberapa peralatan atau perlengkapan yang perlu Anda siapkan untuk menghubungkan android ke TV biasa di antaranya :

  • TV tabung segala merk
  • HP android dengan sistem operasi 4.2.2 ke atas
  • Wifi dongle ezCast yang bisa Anda beli di toko elektronik atau secara online di banyak marketplace
  • Kabel RCA
  • HDMI converter

Untuk HP android, perlu Anda pasang aplikasi wi-fi display atau miracast. Aplikasi wi-fi display atau miracast tersebut dapat Anda unduh dari Google Playstore. Kemudian wifi dongle ezCast yang perlu Anda sediakan adalah wifi dongle dengan harga yang cukup terjangkau sebenarnya. Harganya hanya berkisar 135 ribu rupiah sampai dengan 150 ribu rupiah saja.

Anda bisa mendapatkan atau membelinya di toko offline atau secara online. Tinggal ketikkan saja nama mereknya di toko online dan membelinya.

Lakukan pemasangan atau instalasi

HDMI converter sebagai penghubung adalah yang pertama Anda perlu pasang. Untuk memasangnya, langkah yang perlu Anda ambil yaitu matikan terlebih dahulu televisi kemudian pasang kabel RCA yang terdiri dari warna kuning, putih dan warna merah.

Setelah itu sambungkan ke HDMI converter. Jika sudah Anda sambungkan, pasang wifi dongle ezCast ke HDMI converter dan kemudian nyalakan kedua perangkat tersebut. Biasanya pembeliannya disertai dengan adaptor seperti charger HP yang biasa Anda beli.

Setelah itu nyalakan TV pada mode AV. Jika memang berhasil maka nantinya Anda akan mendapat tampilan TV yang tersambung ke saluran dan instalasi pada TV tabung selesai.

Menyambungkan HP android dengan TV

Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkan HP android. Sebelumnya pasang terlebih dahulu aplikasi wi-fi display atau miracast yang tersedia di Google Play Store setelah aplikasi ini terbuka.

Kemudian pada layar HP android Anda, akan Anda temukan terlihat sangat jelas jenis dan juga merk HP disertai nomor seri ezCast atau nomor seri wifi dongle. Kemudian tunggu selama beberapa saat nantinya HP akan berhasil ditampilkan pada layar TV. Setelah itu atur posisi tampilan TV sesuai dengan selera agar Anda nyaman selama menonton tayangan yang disiarkan.

Itulah cara menghubungkan android ke TV biasa yang bisa Anda jalankan. Dengan langkah – langkah di atas sekarang Anda sudah bisa menikmati tayangan yang bisa diakses di YouTube atau aplikasi streaming bersama keluarga Anda tercinta. Selamat menyaksikan dan selamat mencoba tutorial di atas!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *