fbpx

Cara Mengintegrasikan Mailchimp ke WordPress Mudah dan Cepat

Cara mengintegrasika Mailchimp ke WordPress – Bagi Anda para pelaku usaha atau penyedia jasa layanan maka sangat penting untuk mengintegrasikan Mailchimp ke WordPress. Hal ini bertujuan untuk membangun daftar email dari pelanggan atau audience di website Anda. Membangun daftar email akan memudahkan Anda jika nantinya ingin menyebar email marketing yang berisi berbagai informasi.

Selain itu, jika ada pengunjung website yang ingin berlangganan informasi dari produk atau layanan jasa Anda maka mereka bisa melakukannya dengan mudah lewat Mailchimp. Lalu bagaimana cara mengintegrasikan Mailchimp ke WordPress Anda? Tenang saja, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara lengkap pada ulasan berikut ini.

Apa Saja Kelebihan Mailchimp?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghubungkan Mailchimp ke WordPress Anda, maka ada baiknya Anda mengetahui apa saja kelebihan yang akan didapat, yaitu:

  • Mailchimp bisa diakses gratis hingga 2000 pelanggan dan 12 ribu email setiap bulannya.
  • Jutaan orang telah menggunakan Mailchimp dan terbukti menjadi salah satu layanan gratis terbaik hingga saat ini.
  • Mailchimp menyediakan layout dan template gratis yang beragam sehingga mudah digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Dengan melihat beberapa kelebihan di atas, maka Anda sudah tidak perlu ragu lagi jika ingin menggunakan Mailchimp untuk WordPress.

Cara Menggunakan SendInBlue Email Marketing Gratis

Cara Mengintegrasikan Mailchimp ke WordPress

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengintegrasikan Mailchimp ke WordPress Anda:

1. Install Plugin Mailchimp

Langkah pertama adalah menginstall plugin MailChimp for WordPress dengan cara masuk ke dashboard WordPress lalu klik Plugin > Add New. Jika sudah terinstall silahkan aktivasi plugin tersebut dan hubungkan API Key supaya bisa terhubung ke WordPress Anda.

Cara menghubungkan API Key adalah dengan log in ke akun MailChimp Anda dan pilih menu Account > Extras > API Keys. Setelah itu scroll ke bawah halaman dan pilih Create A Key. Nantinya akan muncul kolom yang berisi nomor API Key dan silahkan copy nomor tersebut.

Selanjutnya buka kembali dashboard WordPress dan masuk ke menu MailChimp for WP > MailChimp. Masukkan atau paste nomor API Key di kolom yang tersedia lalu klik Save Changes. Selesai, kini MailChimp sudah terhubung dengan WordPress Anda.

2. Buat Formulir Pendaftaran

Di tahap ini harusnya MailChimp sudah terhubung dengan WordPress Anda. Lalu cara mengintegrasikan MailChimp ke WordPress yang selanjutnya adalah mulai membuat formulir pendaftaran.

Anda bisa membuatnya dengan masuk ke menu Formulir dan pilih MailChimp. Setelah itu silahkan isi formulir dengan judul yang Anda inginkan. Di halaman ini terdapat beberapa kolom data yang bisa Anda isi, mulai dari nama hingga tab pesan yang nantinya akan dikirim ke pengunjung website. Anda juga bisa mengatur tema atau tampilan dengan masuk ke menu Appearance.

3. Sisipkan Formulir MailChimp di WordPress

Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menyisipkan formulir MailChimp tersebut di WordPress. Caranya mudah, Anda hanya perlu masuk ke tab Fields lalu pilih menu Formulir dan scroll layar ke bawah untuk menemukan kolom Use the shortcode. Nah, shortcode itulah yang bisa Anda copy untuk kemudian di masisipkan di manapun Anda mau.

Selesai, proses integrasi dan menampilkan MailChimp di WordPress Anda sudah berhasil. Kini Anda bisa melanjutkan proses email marketing ke setiap pelanggan atau audiens yang mengisi data dirinya di formulir tersebut. Cara mengintegrasikan MailChimp ke WordPress ini sangat mudah sekali kan? Kalau begitu selamat mencoba dan semoga berhasil dengan campagin Mailchimp Anda.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *