fbpx

Tips Menjadi Youtuber untuk Pemula

Youtube dianggap sebagai salah satu platform sosial media berbagi video yang sangat populer saat ini. Hal ini dikarenakan jumlah video yang dipublikasikan melalui platform terus bertambah. Selain itu, orang-orang yang terlibat dalam pembuatan dan produksi video di Youtube juga semakin meningkat. Mereka memiliki julukan sebagai Youtuber yang memberikan berbagai pilihan video unik dan menarik. Hingga kini banyak Youtuber yang mencoba mendapatkan keuntungan dari seluruh video yang ada di platform itu. Keuntungan yang didapatkan dipengaruhi oleh jumlah subscriber hingga viewer. Semakin banyak jumlah subscriber dan viewer yang dimiliki maka potensi keuntungan juga semakin besar.

Kamu juga bisa menjadi Youtuber yang akan mendapatkan berbagai keuntungan besar. Apalagi ada beberapa tips menjadi youtuber untuk pemula yang bisa dicoba dengan sangat mudah. Tentu saja seluruh metode yang kamu gunakan harus sesuai dengan ketentuan dan persyaratan. Ini dilakukan agar terhindar dari pemblokiran secara permainan oleh Youtube.

tips menjadi youtuber untuk pemula

Persiapan untuk menjadi Youtuber

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapan untuk menjadi seorang Youtuber. Biasanya hal ini akan membantu kamu untuk membuat konten yang menarik sehingga mendapatan subscriber dan viewers yang banyak. Apalagi seluruh persiapan ini juga masuk dalam bagian penting dari tips menjadi youtuber untuk pemula. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan beberapa persiapan penting untuk menjadi seorang Youtuber seperti:

  • Persiapkan perlengkapan memadai

Kamu harus ingat bahwa untuk membuat sebuah video konten di Youtube juga membutuhkan beberapa perlengkapan. Tentu saja ini juga tergantung dari konsep video yang kamu inginkan. Biasanya semakin baik kualitas video dari konten itu maka kamu juga akan membutuhkan perlengkapan yang sangat baik. Misalnya saja video kamera dengan kualitas perekaman yang baik, selain itu kamu juga membutuhkan tripod yang digunakan untuk memudahkan pengambilan gambar hingga perangkat editing. Beberapa Youtuber pemula sering menggunakan laptop editing dengan spesifikasi medium.

Tapi untuk memulai bisa saja menggunakan smartphone yang sekarang umumnya mempunyai kualitas rekam video yang cukup bagus.

Diinternet banyak artikel yang membahas cara menjadi youtuber pemula modal hp yang bisa kamu pelajari.

  • Pilih kategori konten yang menarik

Cobalah untuk memilih kategori konten yang menjual dan populer. Cara ini dilakukan dengan melakukan riset terhadap seluruh kategori video yang ada di Youtube. Beberapa kategori itu terdiri dari kuliner, traveling, gaming dan lainnya. Pastikan bahwa kamu memiliki kategori sesuai dengan minat dan kemampuan. Hal lain yang diperhatikan adalah kategori konten ini disesuaikan dengan seluruh modal yang kamu miliki.

  • Skill editing yang baik

Kamu harus ingat bahwa untuk menghasilkan video Youtube yang berkualitas juga membutuhkan skill editing yang baik. Biasanya hal ini juga akan mempengaruhi kepuasan dari para viewers dan subscriber. Apalagi saat ini ada banyak rekomendasi program atau software yang bisa kamu gunakan untuk melakukan editing pada video. Perhatikan juga kualitas audio di konten itu agar menarik perhatian bagi para pengunjung.


Powerpoint Alternatif Software Edit Video Ringan ?!

  • Tim yang solid

Beberapa Youtuber professional biasanya mempersiapkan tim yang solid. Masing-masing dari tim ini memiliki tugas dan tanggungjawab yang mempermudah proses pembuatan video. Cobalah untuk merekrut tim yang akan membantu kamu mendapatkan konten video berkualitas. Bahkan, cara kerja tim yang baik juga memperepat proses pembuatan video sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari channel Youtube kamu.

Rekomendasi tips menjadi youtuber untuk pemula

Setelah seluruh persiapan kamu dapatkan tentu saja akan akan semakin mudah untuk menerapkan tips menjadi youtuber untuk pemula. Hal yang harus kamu ingat adalah modal penting untuk menjadi Youtuber sukses adalah konsisten terhadap konten. Pastikan juga kamu memiliki banyak ide untuk memaksimalkan potensi konten yang dibuat. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba seperti:

  • Gunakan ide yang menarik dari setiap konten

Salah satu dari tips menjadi youtuber untuk pemula yang bisa kamu gunakan adalah dengan memilih ide menarik dari setiap konten. Kamu harus ingat bahwa video konten di Youtube juga membutuhkan kreatifitas yang sangat menarik. Semakin banyak ide kreatif yang kamu munculkan dari setiap video itu maka akan semakin mudah juga menjangkau jumlah subscriber dan viewers. Selain itu, hasil dari ide kreatif di konten video ini dianggap akan menarik perhatian banyak orang. Bahkan, cenderung membuat orang lain yang melihat tidak akan cepat bosan. Hal ini akan membuat valuasi dari channel Youtube kamu semakin meningkat. Kondisi ini yang memberikan keuntungan besar bagi kamu.

  • Posting konten secara berkala

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah jumlah konten video yang ada di channel. Mulailah dengan menerapkan penjadwalan terhadap konten video. Biasanya cara seperti ini juga akan membuat konten video milik kamu mudah dicari di Youtube. Bahkan, semakin banyak video yang kamu posting maka akan semakin mudah menambah jumlah viewers. Namun, kamu harus ingat bahwa Youtube juga memiliki ketentuan untuk jumlah video yang kamu posting. Mungkin kamu bisa mencoba untuk memposting 1 video setiap hari.

  • Tampilkan thumbnail yang menarik perhatian

Biasanya banyak viewers yang melihat video di Youtube hanya berdasarkan judul clickbait dan tampilan thumbnail. Cara seperti ini dilakukan untuk menarik perhatian bagi banyak orang. Mulailah membuat thumbnail yang unik sehingga membuat orang tertarik untuk memutar video kamu. Pembuatan thumbnail ini bisa kamu dapatkan dari potongan scene yang ada di video lalu tambahkan beberapa tulisan yang menarik perhatian. Pastikan bahwa thumbnail ini kamu terapkan untuk seluruh video.

  • Perhatikan kualitas video

Youtube memberikan pengaturan kepada para Youtuber untuk menentukan kualitas dari video. Kamu bisa mencoba untuk menampilkan video dengan kualitas maksimal. Cara seperti ini memudahkan para viewers untuk memilih kualitas sesuai dengan keinginan. Misalnya saja kamu mencoba untuk menampilkan video dengan kualitas 4K sekaligus. Para viewers itu akan lebih mudah menentukan kualitas video yang diinginkan. Namun, kamu harus ingat bahwa semakin tinggi kualitas dari video yang akan diposting maka kamu akan membutuhkan ruang penyimpanan hingga bandhwitdh yang besar pada jaringan internet. Ini akan mempengaruhi durasi upload yang kamu butuhkan.

  • Interaktif dengan subscriber

Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan subscriber. Cara seperti ini dilakukan untuk membuat para subscriber merasa nyaman dan terus melihat seluruh konten video di channel kamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkomunikasi secara interaktif melalui komen. Kamu bisa memberikan like kepada komen terbaik atau membalas komen yang memberikan masukan atau saran terbaik. Bahkan, kamu juga bisa meminta pendapat kepada subscriber untuk menentukan topik konten yang diinginkan.

  • Promosikan video konten di platform lainnya

Ini adalah tips yang paling penting untuk kamu lakukan. Biasanya metode ini dilakukan untuk menambah jumlah viewers hingga subscriber. Kamu bisa mempromosikan seluruh konten video yang ada di channel melalui platform Youtube atau Instagram. Lakukan cara ini secara berkala.

(rmh-alx)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *