fbpx

Strategi Marketing Shopee untuk Pemula yang Harus Kamu Coba

Shopee merupakan salah satu ecommerce yang sangat populer di Indonesia. Hingga kini pertumbuhan member dan pengguna Shopee terus meningkat. Jumlah pembeli dan penjual online yang semakin banyak itu akan menjadi peluang besar bagi kamu untuk ikut berpartisipasi dalam bisnis online. Hal ini dilakukan dengan menjadikan kamu sebagai seller di Shopee. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memaksimalkan peluang sebagai seller. Misalnya saja dengan menerapkan strategi marketing yang ideal. Apalagi saat ini ada beberapa rekomendasi strategi marketing shopee untuk pemula yang bisa dicoba.

strategi marketing shopee

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali menjadi seller

Sebelum menjalankan strategi marketing shopee untuk pemula sebaiknya kamu harus melakukan beberapa mudah untuk menjadi seller. Apalagi hal ini juga berkaitan dengan akun dan seluruh ketentuan yang telah diberikan Shopee. Kamu tidak perlu khawatir karena metode berjualan di Shopee juga dianggap sangat mudah dan tidak terlalu rumit. Bahkan, cara berjualan itu juga hampir mirip dengan ecommerce yang lainnya. Berikut ini langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi seller di Shopee yaitu:

  1. Membuat akun Shopee

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai menjadi seller di shopee. Ada beberapa kolom yang harus kamu isi pada formulir pendaftaran. Pastikan bahwa setiap kolom sudah diberikan data yang benar. Biasanya beberapa data itu berkaitan dengan kontak, rincian pilihan produk hingga transaksi yang akan kamu lakukan. Kamu harus menentukan pilihan produk yang akan dijual. Biasanya Shopee juga akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan bahwa kamu sudah menjadi seller.

  1. Posting foto setiap produk

Setelah kamu memilih produk yang akan dijual segera buat deskripsi dan pasang foto setiap produk. Pastikan bahwa foto yang ada di produk tampil baik dan menarik. Biasanya beberapa seller akan memposting produk yang sangat banyak. Hal ini untuk menarik perhatian dari banyak pembeli. Seluruh deskripsi dari setiap produk biasanya terdiri dari kategori, nama produk hingga deskripsi.

  1. Promosikan seluruh produk

Hal lain yang harus kamu lakukan setelah menjadi seller adalah dengan mempromosikan seluruh produk yang akan dijual. Biasanya produk populer banyak dicari oleh pembeli di Shopee. Kamu bisa menerapkan promosi yang lebih baik untuk beberapa produk populer. Cobalah gunakan platform lain untuk melakukan promosi dalam waktu yang cukup lama.

Cara Menaikkan Produk di Shopee
Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula

Tips dan strategi marketing shopee untuk pemula

Setelah kamu resmi memiliki akun dan menjadi seller di Shopee terapkan beberapa strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Kamu tidak perlu khawatir karena seluruh metode yang diterapkan pada strategi marketing shopee untuk pemula bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini ada beberapa tips dan strategi yang harus kamu coba untuk memulai berjualan di Shopee seperti:

  1. Menjual banyak produk

Salah satu strategi yang bisa kamu gunakan adalah dengan memaksimalkan seluruh produk yang dijual. Semakin banyak produk yang dijual maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Namun, pastikan bahwa seluruh produk yang dijual memiliki deskripsi dan rincian informasi produk menarik. Bahkan, kamu juga bisa mempertimbangkan harga yang terjangkau untuk seluruh produk. Cobalah untuk menawarkan harga produk yang relative murah. Hal ini untuk menarik perhatian bagi banyak pembeli.

  1. Menampilkan foto dan deskripsi yang menarik

Strategi berikutnya adalah dengan menampilkan foto dan deskripsi yang menarik dari masing-masing item. Hal yang harus kamu ingat adalah foto dari setiap produk harus memiliki karakter yang unik dan menarik perhatian. Bahkan, sebagian deskripsi juga bisa ditampilkan di bagian foto itu. Ini akan membantu kamu untuk menjangkau pembeli yang lebih banyak lagi. Pastikan juga bahwa seluruh produk harus memiliki foto yang berbeda. Sebaiknya kamu menghindari pengambilan foto dari akun lain secara sembarang. Hal itu justru akan merugikan kamu.

  1. Meningkatkan jumlah follower

Akun yang kamu gunakan di shopee untuk berjualan memiliki fitur following dan follower. Hal ini berarti bahwa kamu bisa mendapatkan akun lain yang menjadi followers atau kamu mengikuti akun lain. Untuk mempermudah promosi dan penawaran produk lain ke banyak pembeli sebaiknya tingkatkan potensi dari followers. Ini dilakukan untuk mempermudah jangkauan dari banyak pembeli. Biasanya jumlah followers akan disesuaikan dengan keaktifan kamu sebagai penjual. Bahkan, semakin sering kamu mempromosikan produk atau memposting produk yang menarik maka kesempatan untuk mendapatkan jumlah followers semakin baik. Mungkin kamu bisa mencoba untuk meminta akun lain menjadi followers.

  1. Selalu aktif ikut program shopee

Rekomendasi lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan selalu aktif ikut program shopee. Apalagi saat ini shopee selalu menawarkan banyak promo kepada para pengguna. Misalnya saja kamu mengikuti program gratis ongkir yang akan membuat banyak pembeli semakin mudah melakukan transaksi. Ini juga bisa menjadi keuntungan kamu karena transaksi penjualan akan semakin lebih banyak. Pastikan juga kamu mendapatkan informasi lain yang berkaitan dengan promo dan diskon yang akan diberikan kepada para pembeli di Shopee.

  1. Menjual produk yang populer

Tentu saja hal ini akan semakin membuat kamu semakin mudah untuk mendapatkan keuntungan. Cobalah untuk menjual berbagai produk yang populer. Apalagi kamu juga bisa melakukan pengaturan pada akun untuk mengetahui produk yang sangat populer saat ini. Cara seperti ini dianggap akan semakin memudahkan kamu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Biasanya produk populer ini juga memiliki rincian harga yang berbeda. Lakukan riset untuk menentukan harga yang terjangkau dibandingkan dengan produk lainnya. Perhatikan juga stok produk yang kamu miliki pada saat itu.

  1. Pastikan pembeli meninggalkan review baik

Strategi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan review dari setiap produk atau akun yang kamu miliki. Review yang kamu dapatkan di akun kamu biasanya akan menjadi pertimbangan bagi banyak pembeli. Semakin baik rating dan review yang diterima maka tingkat kepercayaan pembeli juga akan semakin baik. Hal ini yang memudahkan kamu untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang lebih banyak. Untuk mendapatkan review yang cukup banyak cobalah untuk mengingatkan para pembeli agar meninggalkan review dan rating di produk yang telah diterima. Pastikan juga bahwa kamu sudah menerapkan layanan yang baik.

  1. Promosi di platform lain

Kamu harus mencoba untuk menerapkan cara ini agar bisa memberikan keuntungan yang lebih besar. Seluruh produk yang kamu tawarkan di Shopee sebenarnya bisa dipromosikan melalui platform lain. Misalnya saja kamu menggunakan facebook atau instagram dengan menyertakan link sesuai dengan produk itu. Hal ini juga mempermudah kamu untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli yang berasal dari platform lain. Sebaiknya kamu lakukan cara ini dengan memperhitungkan jumlah follower atau teman yang ada di platform itu.

(rmh-alexa)

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *