fbpx

Manfaat Youtube Marketing Untuk Peningkatan Bisnis

Marketing merupakan hal penting bagi sebuah bisnis. Diera digital seperti sekarang banyak media marketing yang bisa digunakan. Selain memanfaatkan situs/ website, media sosial juga menjadi media marketing yang cukup efektif. Sosial media yang populer seperti Facebook, Instagram, dan Youtube, banyak digunakan sebagai media marketing karena banyaknya pengguna dan beberapa kelebihan lain dibanding menggunakan website. Bahkan sekarang whatsapp juga mulai banyak digunakan untuk promosi.

Artikel terkait :
Tips dan Trik Whatsapp Business Yang Wajib Diketahui
Tingkatkan Penjualan Dengan Tools Whatsapp Marketing Mailevo WA Blazter

Youtube Marketing

Youtube Marketing merupakan cara memasarkan produk melalui youtube. Youtube kini menjadi tontonan banyak kaum dari yang dibawah umur sampai kaum orang tua.

Mengapa Youtube Marketing? Menurut data Hootsuite, Youtube merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kini orang sudah beralih fungsi dari menonton tayangan di televisi dengan menonton chanel-chanel yang ada di youtube. Bisa dikatakan bahwa youtube kini jauh lebih asik. Jumlah penonton youtube dibandingkan penonton setia televisi bisa dibilang mulai jauh lebih setia dan dilakukan berkala. Hal tersebut menjadi salah satu keuntungan menggunakan media video youtube untuk pemasaran.

media sosial yang paling banyak digunakan di indonesia 2019

Aplikasi Youtube

Seperti biasa kita pelajari terlebih dahulu tentang si Youtube ini. Jadi youtube merupakan aplikasi atau situs web dimana kalian dapat menonton, meng-upload, hinga berbagi video. Youtube ini mulai dibangun pada tahun 2005 pada bulan Februari bertepatan pada hari valentine.

Pendiri youtube ini merupakan mantan pekerja Paypal. Youtube juga bisa disebut sebagai anak perusahaan dari Google mulai tahun 2006 yang dimana Google membeli perusahaan ini, jadi untuk masuk aplikasi youtube untuk mengunggah video kalian diharuskan login akun gmail yang kalian punya terlebih dahulu. Kini youtube tidak hanya bisa di akses lewat web saja, tapi sudah melalui aplikasi yang terdapat pada smartphone kita.

Youtube pun menampilkan banyak konten resmi seperti contoh siaran TV korea MBC, SBS, Leon dan mungkin konten musik resmi dari Vevo , MTv, Billiboard yang menggunakan youtube sebagai kemitraan. Selain itu dengan adanya konten amatir seperti blog video, youtuber, potongan klip video dan lain lain. Youtube menyediakan banyak fitur yang mungkin kalian sudah tahu sendiri, tapi yang terpenting adalah adanya playback, pengunggahan dan kualitas dari video yang kita putar.

Cara Menggunakan Youtube Untuk Promosi

Salah satu hal yang harus kalian lakukan ketika melakukan promosi menggunakan youtube adalah dengan membuat video tentang produk anda tersebut.

Cara mempromosikan produk di youtube dapat dilakukan oleh siapa saja. Misalkan kalian adalah seorang make up artist dan memiliki brand make up yang kalian buat sendiri, kalian dapat membuat channel youtube bisnis, dimana kalian bisa mempromosikan brand kalian tersebut.

Bisa juga menggunakan metode soft selling promotion, yaitu menampilkan produk kalian dalam video tanpa adanya ajakan promosi untuk membeli, kalian bisa lihat contohnya di video music milik Justine Beiber berjudul To U, yang mempromosikan brand Victoria Secret.

Soft selling mungkin menjadi pilihan yang tepat karena adanya orang menonton youtube adalah mencari hiburan, dengan adanya kita menyisipkan produk-produk kita secara tidak langsung produk kita juga akan dikenal. Atau kita dapat melakukan kolaborasi dengan youtuber agar produk yang kita jual bisa mendapatkan perhatian dari fans atau penonton mereka.

youtube marketing

Memasarkan produk menggunakan kolaborasi lebih efektif. Kalian pasti alami sendiri ketika kalian menyetel musik atau akan menonton channel youtube kalian di awal ada iklan yang lewat, dan pastinya akan kalian langsung memilih skip dan tidak dilihat sampai habis bukan? Karena orang membuka youtube memiliki tujuan mencari hiburan, bukan mencari iklan dan menonton iklan.

Akan tetapi hal ini dapat diakali dengan menggunakan konten yang kreatif yang membuat rasa penasaran ada pada penonton. Contoh iklan yang berhasil mengundang rasa penasaran penonton adalah iklan legendaris kita yaitu Marjan yang semua kalangan tahu. Itu adalah salah satu contoh iklan dengan penggubahan yang baik dan membuat penonton tidak bosan. Cara lain yang dapat anda gunakan adalah tidak menggunakan durasi yang lama, hal ini tidak akan mengundang kebosanan dari penonton. Bisa kita ambil contoh dari iklan Tokopedia yang mengundang artis korea untuk promosi jasa dari mereka.

Konten video yang unik, lucu atau mengundang kehebohan, bisa berpotensi viral. Seperti yang pernah dilakukan produk masakan yang menampilkan adegan 2 orang ibu-ibu yang bertengkar karena berebut makanan dalam sebuah resepsi pernikahan. Video tersebut menjadi viral karena kehebohan yang ditampilkan kedua ibu-ibu tersebut. Netizen yang ikut membuat viral video tersebut awalnya juga tidak menyadari bahwa adegan tersebut, hanyalah bagian dari iklan promosi.

Hal tersebut menunjukan salah satu keuntungan menggunakan media video dalam pemasaran. Bahkan bisa menjadi salah satu faktor pendukung viral marketing.

Tapi untuk kreativitas ini boleh kalian mengadopsi sedikit dari konten orang lain tapi usahakan untuk tidak meng-copy karya orang lain. Ide sangat dibutuhkan disini. Dan juga tetap menjaga etika dengan tidak menjatuhkan pihak lain dengan konten promosi yang akan kalian buat. Bagaimana? Mungkin dengan penjelasan ini anda sudah cukup paham tentang pemasaran menggunakan youtube. Atau bahkan ada beberapa gambaran untuk kalian.

Strategi Youtube Marketing

Sekarang hal hal yang perlu kalian perhatikan ketika membuat konten pemasaran menggunakan Youtube Marketing, kita simak disini.

Gunakan Shoot Video yang Baik

Ketika kita merekam menggunakan kamera usahakan peroleh hasil yang baik bagi kalian yang akan memperkenalkan produk secara langsung, hal ini termasuk penting setelah adanya ide kreativitas yang akan kita pakai. Hasil rekaman yang dimaksud yaitu memiliki kualitas gambar yang baik, tidak mungkin kan kita akan promosi barang tapi tangkapan gambar kita kualitas low?!

Jenis Konten

Dengan memilih jenis konten atau tema dapat membantu anda melakukan kreativitas. Seperti konten hiburan ketika anda mempromosikan sepatu gunung ber-merk , kalian dapat berkolaborasi dengan musik video dari seorang penyanyi dan menampilkan produk kalian untuk di shoot.

Investasi dengan Youtube Ads

Mungkin anda dapat mencoba menginvestasikan dengan iklan yang youtube sediakan.Youtube Ads ini dapat membantu anda dalam mempromosikan barang produk yang anda jual. Youtube Ads ini dapat digunakan jika kalian ingin adanya batasan dalam promosi seperti kelompok usia, minat dan lainnya. Dengan adanya youtube ads ini tidak mengharuskan kalian untuk membuat iklan, akan tetapi tetap dapat mendongkrak usaha anda.

Engagement

Kalian pasti mengharapkan mendapatkan perhatian yang baik dari para penonton atau pelanggan kalian bukan. Maka dari itu tayangan yang kreatif dan buatlah penonton untuk terdorong melakukan suscribe dan like  pada video youtube anda.

Konten Sesuai Target

Kalian juga harus memperhatikan hal yang satu ini, dimana konten yang kalian berikan iklan produk setidaknya sesuai. Misalkan kalian menjual produk skincare tapi kalian menaruh iklan tersebut pada video games anak anak dibawah umur. Bagaimana? Perlu pertimbangan bukan hal ini. Sesuaikan konten yang kalian buat dengan target pasar yang kalian cari disini.

Jadi artikel di atas merupakan penjelasan tentang Youtube Marketing beserta dengan penjelasan yang bisa kalian pelajari dan pahami sebelum memilih memasarkan produk dengan menggunakan Youtube. Semoga artikel yang disampaikan di atas dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih

(skt)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *