fbpx

Tips dan Trik Cara Membuat Template PPT Sendiri

Cara membuat template PPT – Powerpoint merupakan media presentasi yang masih menjadi primadona hingga saat ini. Selain mudah digunakan, Powerpoint memang sudah dilengkapi berbagai fitur yang lengkap, salah satunya pilihan template tema yang bervariasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa desain template memang dapat menunjang proses presentasi. Selain lebih indah, template yang sesuai dengan isi materi akan membuat presentasi Anda semakin mengena dan berkesan. 

Ada banyak template gratis yang bisa Anda peroleh di internet, namun jika Anda senang berkreasi Anda juga bisa membuat desain template sendiri.

Cara Membuat Template PPT Sendiri

Berikut adalah beberapa cara membuat template PPT yang bisa Anda praktekkan. 

Buka Powerpoint Anda untuk Memulai

Langkah pertama cara membuat template PPT adalah tentu saja dengan membuka Microsoft Office Powerpoint Anda. Jika memungkinkan gunakan Powerpoint versi 2010 atau versi yang lebih tinggi. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda ketika akan melakukan konversi file PPT menjadi video, PDF, gambar, Word, dan sebagainya. 

Jika Powerpoint sudah terbuka, pilih menu “View” kemudian lanjutkan untuk masuk ke menu “Slide Master”.

Dalam tahap ini sebaiknya Anda juga sudah menyiapkan logo perusahaan, logo kampus, atau gambar apapun yang akan Anda gunakan atau masukkan ke dalam desain template Anda. Jika Anda mengambil gambar dari internet, pastikan bahwa gambar tersebut tidak mengandung copyright.

Hapus dan Sisakan Satu Layout

Jika sudah berhasil masuk ke menu Slide Master, Anda akan melihat tampilan layout kosong dalam jumlah yang cukup banyak. Hapus semuanya dan sisakan satu layout saja. Pada layout yang tersisa, klik kanan lalu pilih menu Format Background. 

Nantinya Anda akan menemukan bilah pengaturan background untuk mengatur latar template slide presentasi Anda. 

Template Powerpoint Keren Untuk Animasi, Promosi, Edukasi dan Dakwah
Tips Cara Mudah Mengganti Background PPT Agar Presentasi Lebih Menarik

Mulai Mengatur Background

Pada bilah menu Format Background, Anda bisa memilih menu “Picture or Texture Fill”. Disini Anda bisa memilih sesuai selera dan keinginan Anda. Jika Anda ingin menggunakan desain gambar yang sudah dibuat sebelumnya, maka Anda perlu mengklik tombol “File” pada menu “Insert picture from”. Di sini Anda akan diminta untuk mengunggah file gambar yang akan Anda jadikan sebagai latar atau background. 

Tips cara membuat template PPT utamanya saat membuat desain background, usahakan untuk menyesuaikan gambar dengan kebutuhan presentasi. Misalnya jika template ini akan digunakan untuk presentasi laporan kerja, maka pilih gambar yang masih berhubungan dengan bidang kerja Anda. 

Membuat Kolom untuk Informasi Logo dan Lainnya

Jika Anda sudah berhasil mengatur gambar untuk background slide PPT Anda, langkah selanjutnya adalah dengan membuat kolom box yang nantinya akan diisi dengan logo perusahaan, logo kampus atau sebagainya. Anda juga bisa menambahkan gambar atau keterangan lain sesuai kebutuhan. 

Adapun cara membuat box adalah dengan masuk ke menu “Insert” lalu pilih “Shapes”. Disini Anda bisa memilih bentuk apapun sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Anda bisa mengatur format shapes sesuai selera, baik merubah warna latar maupun membuatnya transparan. 

Masukkan Gambar Logo dan Keterangan Lain

Untuk memasukkan gambar logo pada shapes yang sudah Anda buat, cukup klik kiri pada box lalu pilih menu “Insert” lalu klik pada menu “Picture”. Anda akan diminta untuk memilih file gambar yang akan dimasukkan. Pilih file lalu klik Insert. 

Anda juga bisa memasukkan informasi atau keterangan lain pada box lain. Misalnya dengan menulis nama perusahaan atau kampus, dan lain sebagainya. Jika Anda menginginkan teks yang lebih artistik, Anda bisa masuk ke menu “Wordart”. 

Simpan Template

Cara membuat template PPT yang terakhir yaitu menyimpan desain template yang sudah Anda buat. Caranya dengan masuk ke menu “File” lalu klik “Save As”. Pada tipe dokumen, Anda bisa mengubahnya menjadi Powerpoint Template. Setelah itu klik Save.

Sekarang Anda sudah memiliki desain template untuk PPT buatan Anda sendiri. Bagus atau tidak template tergantung pada daya kreasi dan imajinasi Anda saat membuatnya. Semoga tips cara membuat template PPT ini bermanfaat untuk Anda. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *