fbpx

9 Tips Sukses Bisnis Jasa Desain Grafis

Di era digital seperti saat ini ada beberapa keahlian yang sangat menjanjikan jika digeluti dan dikembangkan menjadi bisnis. Salah satu keahlian yang saat ini sangat berharga adalah desain grafis. Dengan membuka usaha jasa desain grafis maka bisa terus mengasah kemampuan sembari berbisnis. Apalagi saat ini pangsa pasar desain ini luas, tidak hanya mendesain kartu nama atau undangan nikah. Bahkan permintaan desain untuk logo, baner, poster, spanduk dll. untuk pasar lokal semakin meningkat. Anda juga bisa menawarkan jasa desain grafis ini kepasar global melalui situs freelancer, seperti Fiverr, UpWork, Freelancer.com, DesignCrowd dll.

Prospek Usaha Desain Grafis

Manfaat desain grafis dalam kehidupan sehari-hari banyak dirasakan. Kemampuan grafis untuk menarik perhatian orang merupakan satu alasan kebutuhan desain grafis semakin meningkat. Terlebih ditengah ketatnya persaingan diberbagai bidang, membutuhkan media untuk menarik perhatian orang. Baik itu dibidang bisnis, politik (kampanye) ataupun edukasi.

Sebuah informasi apapun itu tidak akan sampai pada tujuan jika tidak ada seorangpun yang memperhatikan. karena jika informasi atau komunikasi persuasif disampaikan dalam bentuk yang biasa saja, tentu tidak akan menarik perhatian.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat desain grafis semakin dibutuhkan banyak perusahaan/ organisasi kecil, menengah dan besar bahkan perorangan. Terkadang orang juga membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan tertentu.

Selain itu pangsa pasar bisnis desain grafis juga sangat luas, sehingga prospek usaha jasa desain grafis di masa mendatang sangat cerah.

Keuntungan usaha desain grafis juga cukup tinggi. Apalagi jika mendapatkan konsumen dari perusahaan/ organisasi besar atau dari mancanegara dengan bayaran dolar.

bisnis jasa desain grafis

Potensi Pengembangan Bisnis Jasa Desain Grafis

Potensi pengembangan bisnis jasa desain grafis inipun juga sangat terbuka lebar. Bisnis di bidang desain grafis sangat berhubungan erat dengan usaha percetakan dan periklanan. Sehingga banyak pelaku usaha di bidang desain grafis yang juga menawarkan jasa tambahan seperti mencetak, print digital atau periklanan. Walaupun pada awalnya kebanyakan bekerja sama dengan pemilik percetakan, menginggat harga mesin cetak/ print digital cukup mahal, tidak sedikit yang akhirnya mampu mengadakan mesin sendiri.


4 Alasan Desain Grafis Sebagai Media Komunikasi yang Baik

Contoh Bisnis Jasa Desain Grafis

Contoh bisnis desain grafis antara lain jasa desain undangan, brosur, banner, spanduk, majalah, cover ebook, ilustrasi, iklan, pembuatan logo amplop atau kop surat, dan usaha di bidang desain grafis lainnya.

Tips Sukses Membuka Bisnis Jasa Desain Grafis

Bagi anda yang tertarik, yuk simak tips sukses membuka usaha desain grafis berikut.

Tips Sukses Membuka Bisnis Jasa Desain Grafis Yang Banyak Dibutuhkan

1. Kreatif Dan Tekun

Di tengah persaingan bisnis desain grafis yang cukup ketat membuat pelaku usaha desain grafis, terutama bagi pemula, harus kreatif dan tekun dalam bisnis ini.

Desain grafis yang dibuat dengan kreatif menghasilkan karya yang membuat konsumen merasakan kepuasan sehingga merekomendasikan usaha anda kepada orang lain.

Selain itu anda juga harus menjadi pribadi yang terus berfikir kreatif dan juga inovatif. Dengan cara berfikir ini maka akan mudah untuk mendapatkan ide baru yang lebih segar. Ide tidak hanya yang baru dan belum ada, dari ide yang sudah ada juga bisa dikembangkan lagi. Jika anda berhasil memiliki cara berfikir ini maka akan mudah untuk memberikan solusi yang terbaik pada klien. Memvisualkan apa yang diinginkan juga akan mudah.

2. Pelayanan Cepat Dan Ramah

Layanan yang cepat dan ramah merupakan sebuah keharusan untuk unggul di bisnis jasa. Pelayanan yang prima dan memuaskan calon klien menjadi daya tarik tersendiri agar orang berminat untuk menggunakan jasa desain Anda.

Masukan dan saran juga sangat membantu calon klien yang terkadang juga bingung menentukan desain seperti yang bagus dan sesuai dengan tujuan pembuatan desain. Karena desainer grafis bukan sekedar membuat desain saja, namun juga bertindak seperti konsultan desain grafis.

3. Memberikan Nilai Tambah Dari Pesaing

Untuk masuk atau bertahan dalam persaingan bisnis yang sangat ketat, perlu adanya nilai tambah untuk membuat layanan jasa Anda berbeda dan lebih menonjol dari pesaing.

4. Promosi Usaha Desain Grafis

Promosi bisnis sangat penting untuk mengenalkan atau mengingatkan masyarakat mengenai keberadaan bisnis jasa Anda.

Penggunaan media online untuk promosi sangat membantu mempercepat dan memperluas jangkauan.

Untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, penggunaan website sangat penting. Sedangkan untuk pemasaran aktif secara online bisa menggunakan media sosial ataupun periklanan.

Dengan menggunakan media online orang akan bisa melihat hasil karya desain-desain Anda.

Penggunaan email maupun whatsapp untuk melakukan promosi juga cukup efektif, karena cenderungan orang untuk membuka pesan masuk cukup besar.

Baca juga :
Tingkatkan Penjualan Dengan Tools Whatsapp Marketing Mailevo WA Blazter

5. Menggunakan Brand

Sebuah brand/ merek sangat penting untuk bisnis. Manfaat brand sangat besar untuk pengembangan dan eksistensi sebuah bisnis, termasuk bisnis jasa desain grafis ini.

pengertian branding menurut para ahli seperti misalnya Philip Kotler adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing. Secara sederhana brand dalam bisnis desain grafis, bergunakan untuk mengindentifikasi dan membedakan jasa Anda dengan jasa yang ditawarkan orang lain.

Manfaat Branding

Setidaknya ada 8 manfaat branding bagi bisnis desain grafis, yaitu :

  • Memberikan Identitas dan Nilai Jasa Anda
  • Membangun Kredibilitas dan Persepsi
  • Mudah mendapatkan loyalitas pelanggan
  • Memberikan daya tarik bagi konsumen
  • Memberikan peluang untuk melakukan diferensiasi usaha
  • Memberikan ciri khusus yang dapat membedakan jasa anda dengan jasa pesaing
  • Membuka peluang untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi
  • Mempermudah pelanggan untuk mereferensikan jasa Anda

6. Kemampuan Komunikasi Juga Penting

Seseorang dengan kemampuan mengeksekusi sebuah projek mungkin banyak ditemukan. Namun seseorang yang juga cakap dalam komunikasi tidaklah banyak. Dalam mengembangkan usaha ini anda bisa mendapatkan klien dari mana saja. Baik secara langsung maupun atau menggunakan dengan teks. Jika kemampuan komunikasi ini tidak baik maka bagaimana bisa membuat klien yakin akan jasa yang kita tawarkan.

7. Membentuk Jaringan Kerja Yang Luas

Anda tentunya tidak asing dengan semboyan, banyak teman banyak rejeki. Jika anda ingin merintis bisnis jasa desain grafis maka anda harus mulai membentuk jaringan luas. Dengan mencari teman yang sebanyak banyaknya, maka peluang untuk mendapatkan projek akan semakin besar. Anda tidak hanya bisa mendapatkan jaringan kerja via offline saja, namun juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membentuk jaringan usaha jasa desain grafis ini.

8. Terus Meningkatkan Kemampuan

Apabila anda ingin sukses menggeluti bidang ini, maka meningkatkan kemampuan menjadi kebutuhan yang mutlak. Baik dalam kemampuan yang konseptual ataupun teknisnya harus selalu ditingkatkan. Memiliki ide yang luar biasa namun ternyata tekniknya tidak memadai maka akan menemukan banyak kendala. Sehingga bisa dikatakan jika keduanya harus terus berjalan beriringan sehingga apapun pekerjaan atau projek yang diterima bisa dikerjakan.

Ketrampilan teknis dengan menguasai berbagai software untuk membuat desain rupanya bukan kunci utama. Anda juga harus terus belajar bidang lain yang berhubungan seperti fotografi, videografi ataupun kemampuan sketsa dan menggambar secara manual. Hal ini akan mendukung anda untuk dapat menvisualisasikan gagasan dengan karya desain grafis yang luar biasa. Mengingat usaha jasa desain grafis kini juga sangat banyak ditemui.

9. Memanfaatkan Waktu Luang

Jika anda ingin sukses di usaha satu ini, maka anda harus pandai untuk memanfaatkan waktu luang. Dengan disiplin pada waktu maka tidak akan menjadi masalah jika projek yang kita terima harus sesuai dengan deadline. Sebab sebelumnya sudah terlatih untuk mengatur waktu dengan baik. Bukan soal pekerjaan saja, anda juga harus bisa optimalkan waktu istirahat, libur dan mengembangkan diri dalam usaha jasa desain grafis ini.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita memiliki kemauan. Usaha satu ini meskipun menjanjikan tetap memiliki pesaing dan tantangan lainnya. Jika secara modal awal dalam diri kita sudah dimiliki maka akan mudah untuk mengembangkan. Apalagi lahan basah dari bisnis ini sangatlah luas. Tinggal bagaimana kita bisa mengeksekusi peluang peluang yang ada untuk dijadikan hal yang menguntungkan.

(str-edt)

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *