Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya Yang Perlu Diketahui

Affiliate marketing adalah istilah yang masih terdengar asing bagi sebagian orang. Mungkin Anda sendiri merupakan salah satu orang yang belum paham tentang pengertian affiliate marketing.

musafir

Affiliate marketing adalah istilah yang masih terdengar asing bagi sebagian orang. Mungkin Anda sendiri merupakan salah satu orang yang belum paham tentang pengertian affiliate marketing. Padahal, kita hidup di era e-commerce yang berkembang pesat dan model bisnis seperti ini sudah banyak diterapkan dalam kegiatan promosi sehari-hari.

Tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini admin ingin mengajak Anda semua untuk mempelajari pengertian affiliate marketing dan bagaimana cara kerjanya. Daripada semakin penasaran, silahkan disimak selengkapnya pada pembahasan berikut.

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah program yang memberikan Anda komisi setiap kali berhasil menjual produk atau jasa. Besarnya komisi yang bisa didapat berbeda-beda, tergantung kebijakan dari pemilik produk dan jasa. Ada yang memberikan komisi sebesar 10% hingga 40% dan bahkan ada yang lebih dari 50%.

Program afiliasi tergolong mudah dilakukan oleh pemula sekalipun. Maka dari itu, Anda tidak perlu bingung ketika ingin menekuni kerja sampingan online. Pilih saja affiliate marketing yang model bisnisnya tergolong mudah dan simpel.

Anda tidak perlu repot-repot memikirkan harus membuat produk dan jasa seperti apa. Memikirkan desain produk apalagi melakukan packing barang. Fokuskan diri Anda pada pemasaran yang metode-metodenya bisa dipelajari secara gratis dan berbayar.

Kelas belajar affiliate marketing tersedia untuk umum dan biayanya relatif murah. Sebab, didalamnya ada banyak materi yang akan membantu Anda meningkatkan penjualan secara efektif.

Sistem Affiliate Marketing

Setelah memahami pengertian affiliate marketing, selanjutnya mari pelajari bagaimana cara kerjanya. Namun sebelum itu, alangkah baiknya kita cari tahu dahulu pihak-pihak yang terlibat dalam metode pemasaran ini. Adapun tiga pihak yang terlibat pada program afiliasi adalah sebagai berikut:

Pemilik Produk

Pemilik produk adalah mereka yang mengadakan program afiliasi. Bisa penjual, vendor, perusahaan dan lain sebagainya.

Afiliator

Afiliator adalah setiap orang yang ikut dalam program afiliasi. Tugas mereka adalah memasarkan produk dan jasa kepada calon konsumen. Agar lebih menarik dimata konsumen, biasanya afiliator menawarkan bonus-bonus spesial.

Konsumen

Konsumen adalah orang-orang yang membeli produk dan jasa melalui afiliator.

Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya Yang Perlu Diketahui
MAU 500 jt Dari Affiliate Marketing?

Cara Kerja Program Afiliasi

Sekarang kita kupas bagaimana cara kerja program afiliasi, seperti penjelasan singkat dibawah ini:

  1. Mendaftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti affilate marketing, pastinya Anda harus mendaftarkan diri ke website perusahaan penyelenggara. Setelah berhasil mendaftar, maka Anda akan diberi kode referral. Kode referral itulah yang nantinya disebarkan dan bisa memberikan Anda komisi. 

  • Promosi Produk

Tahap berikutnya adalah mempromosikan produk. Gunakan kreatifitas sebaik mungkin, bagaimana cara agar orang-orang mau membeli melalui link yang Anda dibagikan. Promosi ini bisa dilakukan dengan menulis review di blog, memasang banner, menyebarkan di sosial media, forum online atau membuat video di YouTube.

  • Orang-Orang Memakai Kode Anda

Apabila seseorang tertarik ingin membeli jasa atau produk yang Anda promosikan, pastikan mereka memakai kode Anda. Dari sisi konsumen, mereka berhak mendapatkan diskon dan Anda sebagai affiliator mendapatkan komisi. Bukankah solusi yang saling menguntungkan?

Menariknya lagi, beberapa penyelenggara program afiliasi menawarkan harga yang lebih murah ketika konsumen membeli melalui link referal daripada membeli produk dan jasa langsung.

  • Mendapat Komisi

Setelah konsumen melakukan pembelian menggunakan kode Anda, maka komisi langsung masuk ke akun. Selain dibayar per sales, ada juga program afiliasi yang membayar per lead dan per klik.

Komisi per lead diberikan kepada afiliator setiap kali calon konsumen membuat akun, mengisi form, download file atau subscribe newsletter. Sementara itu, bayar per klik berarti setiap kali link referal Anda diklik maka berhak mendapatkan komisi.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai pengertian affiliate marketing dan cara kerjanya. Semoga membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi ini.

musafir

Related Post

Leave a Comment